Martello Castle Benteng Peninggalan Belanda

Posted by Lambang Insiwarifianto 18.5.07 0 komentar
Benteng Bersejarah Martello Castle Pulau Bidadari
Martello Castle Pulau Bidadari merupakan sebuah benteng pertahanan Belanda yang saat ini masih dapat dilihat, beberapa bekas bersejarah peninggalan Belanda tersebut tersebar di beberapa pulau sekitar pulau Bidadari.

Pulau Onrust 


Pulau Onrust, Pulau Bidadari (sakit), pulau Kelor dan pulau Cipir adalah kesatuan pulau dalam pertahanan VOC dalam menjaga kota Batavia sejak abad 17 sampai pertengahan abad 19.

Sebelumnya dengan persetujuan Pemerintahaan Pangeran Jayakarta, pulau Onrust digunakan sebagai tempat lokasi perbaikan kapal tahun 1615, tetapi sejak terjadi konflik antara pemerintahan Pangerang Jayakarta dengan kolonialis Belanda, pulau Onrust dibangun sebagai base camp militer untuk invasi melawan pemerintahan Jayakarta.

Setelah pemerintahan Pangeran Jayakarta dikalahkan, pulau Onrust di lebih perkuat oleh VOC dengan dibangunnya kastil, pembangunan kastil berupa benteng ini dimulai dari tahun 1786 sampai dengan tahun 1800. Pembangunan Benteng Kastil ini tidak hanya dilakukan di pulau Onrust saja tetapi juga pulau pulau lain seperti pulau Bidadari, pulau Kelor dan pulau Cipir

Di tahun 1800, 1806 dan tahun 1810 pulau – pulau ini di serang oleh Inggris dan menghancurkan bangunan bangunan benteng yang ada dipulau tersebut. 

Tipe Benteng di Pulau Bidadari

Bangunan dengan fungsi castle dan menara kontrol di pulau bidadari berbentuk oval dengan diameter 23 meter, ketebalan dinding 2.6 meter. Didalam bangunan kastil ini terdapat jendela kecil dan besar dan juga ditemukan 7 ruangan di basement yang dipisahkan oleh dinding bata tebal.

Salah satunya ruangan tersebut digunakan sebagai penyimpanan amunisi. Pada bagian tengah bangunan terdapat bangunan melingkar sebagai tempat penyimpanan air bersih.

Menara pengawas (menara kontrol) di pulau Bidadari mempuyai 2 lantai. Ruangan yang terdapat dilantai dua mempunyai ukuran yang sama dengan ruangan dilantai satu, mempunyai 7 kamar yang kemungkinan besar kamar ini dipergunakan sebagai tempat istirahat dan tempat spionase.

Pulau Bidadari Content

Others

Related Post



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Martello Castle Benteng Peninggalan Belanda
Ditulis oleh Lambang Insiwarifianto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://pulaubidadari.blogspot.com/2007/05/martello-castle-pulau-bidadari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Incoming Search: , Martello Castle Benteng Peninggalan Belanda

Arsip Blog

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger